Sabtu, 08 Agustus 2015

RPP Berkarakter




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP I )

Sekolah                     :  SD NEGERI SERANGAN 1
Mata Pelajaran         :  BAHASA INDONESIA
Tema                        :   1. Peristiwa
Kelas/Semester        :  IV / I
Alokasi Waktu          :  3 x 35  menit ( 1 x pertemuan)

A.Standar Kompetensi
    1.Mendengarkan
       Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah
B.Kompetensi Dasar :
    1.1 Membuat gambar/ denah berdasarkan penjelasan yang didengar
C.Tujuan Pembelajaran:
    Mendiskripsikan gambar/ denah berdasarkan penjelasan yang di dengar
D.Indikator :
    -Mampu menjelaskan Petunjuk Arah Mata Angin
    -Mampu menunjukkan tempat pada denah
    -Mampu membuat gambar / denah sesuai petunjuk
E.Materi Pembelajaran
   -Petunjuk  arah mata angin
   -Petunjuk denah suatu tempat
   - Membuat denah sesuai petunjuk

F.Metode/Pendekatan/Model  Pembelajaran 
   1.Metode                             : ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan
   2.Pendekatan pemb             : PAKEM
   3.Model pembelajaran        : Model examples non examples

G.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  Pendahuluan
    - Memulai pembelajaran dengan berdo’a dipimpin oleh ketua kelas ( religius)
    -Guru mencatat kehadiran siswa ( disiplin )
    - Guru menyampaikan tujuan yang diharapkan pada akhir pelajaran (rasa ingin tahu)
    -Guru menyampaikan beberapa pertanyaaan : (keberanian )
      Apayang dimaksud denah?
      Apa fungsi denah ?
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-Guru menyiapkan bebarapa gambar/denah (rasa ingin tahu)
-Guru menanyangkan denah pada OHP (rasa ingin tahu )
Elaborasi
-Guru menjelaskan cara menunjukkan tempat sesuai denah( rasa ingin tahu )
-Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan  
  menganalisa gambar/ denah.( teliti )
-Siswa berdiskusi dengan membentuk kelompok 2- 3orang siswa, untuk menunjukkan tempat  
  pada denah sesui petunjuk.Kemudian mencatat hasil diskusi pada kertas.( kerjasama )
-Tiap kelompok diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusinya.( tanggung jawab )
- Mulai dari komentar/ hasil diskusi siswa,guru mulai menjelaskan cara mencari tempat 
  sesuai denah. ( rasa ingin tahu )

Konfirmasi
-mengadakan tanya jawab dengan guru untuk menghilangkan keraguan tentang suatu 
  Konsep ( komunikatif )
-menuliskan rangkuman materi tentang menunjukkan tempat berdasarkan penjelasan yang 
  di dengar ( bertanggung jawab )
Penutup
-Siswa mengerjakan tes /evaluasi ( mandiri, jujur )
- Perbaikan dan Pengayaan (kerja keras, teliti )
 -Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.( rasa ingin tahu )

H. Sumber Belajar/Bahan/media/alat pembelajaran 
    Sumber belajar :  Bahasa Indonesia  untuk SD / MI Kls IV ( Kaswan Darmadi  BSE) hal 2 - 3

    Media/alat pembelajaran :Gambar arah mata angin, denah suatu tempat

I.Penilaian    
                                    
  Teknik Penilaian : Tes

  Bentuk Instrumen : Tertulis dan unjuk kerja




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP II )

Sekolah                  :  SD NEGERI SERANGAN 1
Mata Pelajaran      :  BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester     :  IV / I
Alokasi Waktu        :  5 x 35  menit ( 2 x pertemuan)

A.Standar Kompetensi
   2.Berbicara
   2.  Mendeskripsikan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat
B.Kompetensi Dasar :
    2 1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan   kalimat   yang 
          runtut.
C.Tujuan Pembelajaran:
    Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah ”Stadion Sriwedari ” dengan   kalimat   yang 
    runtut.  
 D.Indikator :
    -Mampu mencari letak suatu tempat sesuai denah
    -Menjelaskan cara menuju tempat tertentu sesuai denah

 E.Materi Pembelajaran
    -Denah suatu tempat
    -Menjelaskan suatu tempat

 F.Metode/Pendekatan/Model  Pembelajaran 
  
 Pertemuan pertama :
    1.Metode                                : ceramah, tanya jawab, penugasan
     2.Pendekatan pemb               : kontekstual
             3.Model pembelajaran          : Talking Stik
 G.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pendahuluan
- Memulai pembelajaran dengan berdo’a dipimpin oleh ketua kelas ( religius)
 -Guru mencatat kehadiran siswa ( disiplin )
 -Guru menyampaikan tujuan yang diharapkan pada akhir pelajaran (rasa ingin tahu)
 -Guru menyampaikan beberapa pertanyaaan : (keberanian )
   Coba kamu jelaskan rute perjalanan ,dari rumahmu sampai sekolah ini !
Kegiatan Inti
 Eksplorasi
-Guru menyiapkan sebuah tongkat/ pensil ( rasa ingin tahu )
-Guru menyampaiakan materi tentang mencari letak suatu tempat sesuai denah dan 
  cara  menuju tempat tertentu sesuai denah. ( rasa ingin tahu )
 Elaborasi
-Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada  
  buku paket.( senang membaca )
-Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya mempersilakan siswa untuk menutup
  bukunya. ( jujur )
-Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa,setelah itu guru memberikan 
  pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya,     
  demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap   
  pertanyaan dari guru. ( mandiri, disiplin )
-Pembahasan.
 Konfirmasi
-mengadakan tanya jawab dengan guru untuk menghilangkan keraguan tentang suatu  
  Konsep ( komunikatif )
-menuliskan rangkuman materi tentang mencari letak suatu tempat sesuai denah.
  (bertanggung jawab )
-Kesimpulan
Penutup
-Siswa mengerjakan tes /evaluasi ( mandiri, jujur )
- Perbaikan dan Pengayaan (kerja keras, teliti )
 -Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.( rasa ingin tahu )
Pertemuan II
Metode, Pendekatan, Model
1.Metode                         : ceramah, tanya jawab, penugasan
2.Pendekatan pemb        : Kontekstual
         3.Model pembelajaran  : Talking Stik
Kegiatan pembelajaran
Pendahuluan
- Memulai pembelajaran dengan berdo’a dipimpin oleh ketua kelas ( religius)
 -Guru mencatat kehadiran siswa ( disiplin )
-Guru menyampaikan tujuan yang diharapkan pada akhir pelajaran (rasa ingin tahu)
-Guru menyampaikan beberapa pertanyaaan : (keberanian )
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-Guru menyiapkan sebuah tongkat/ pensil
  -Guru menyampaiakan materi tentang  cara menuju tempat tertentu sesuai denah.
Elaborasi
-Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada 
  buku paket.(senang membaca )
-Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya mempersilakan siswa untuk menutup
  bukunya.(jujur )
-Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa,setelah itu guru memberikan 
  pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian 
  seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap  
  pertanyaan dari guru.(mandiri, disiplin )
-Pembahasan.
Konfirmasi
-mengadakan tanya jawab dengan guru untuk menghilangkan keraguan tentang suatu 
  Konsep. (komunikatif )
-menuliskan rangkuman materi tentang mencari letak suatu tempat sesuai denah.(tanggung
  jawab )
-Kesimpulan
Penutup
-Siswa mengerjakan tes /evaluasi ( mandiri, jujur )
- Perbaikan dan Pengayaan (kerja keras, teliti )
 -Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.( rasa ingin tahu )

H.Sumber Belajar/Bahan/media/alat pembelajaran 
    Sumber belajar :Bahasa Indonesia  untuk SD / MI Kls IV ( Kaswan Darmadi  BSE) hal 4 - 5
    Media/alat pembelajaran :Denah suatu tempat

I. Penilaian    
                
    Teknik Penilaian : Tes

    Bentuk Instrumen : Tertulis dan unjuk kerja























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP III )

Sekolah                       :  SD NEGERI SERANGAN 1
Mata Pelajaran           :  BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester          :  IV / I
Alokasi Waktu             :  2 x 35  menit ( 1 x pertemuan)

A.Standar Kompetensi
    3.Membaca
       Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam   
       kamus/ensiklopedi
B.Kompetensi Dasar :
    3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca  
          sekilas
C.Tujuan Pembelajaran:
   Menganalisa teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas  
D.Indikator :
    -Mampu  menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks.
    -Menemukan pikiran pokok teks
E.Materi Pembelajaran
    -Membaca teks
    -Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
    -Mencari pikiran pokok

F.Metode/Pendekatan/Model  Pembelajaran 
   Pertemuan pertama :
   Metode          : ceramah interaktif, diskusi, tanya jawab.
   Pendekatan    : Deduktif
   Model             : Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)
G.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
   Pendahuluan
   - Memulai pembelajaran dengan berdo’a dipimpin oleh ketua kelas ( religius)
    -Guru mencatat kehadiran siswa ( disiplin )
     -Guru mengajukan pertanyaan- pertanyaan :( keberanian )
     -Guru menjelaskan tujuan pembelajaran /kompetensi dasar yang akan dicapai: 
       Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca 
      Sekilas. ( rasa ingin tahu )
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen( kerjasama )
  -Guru memberikan wacana sesuai dengan topik pembelajaran  ( senang membaca )
Elaborasi
  -Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok /pokok pikiran dan
    memberi tanggapan terhadap wacana dan ditulis pada lembar kertas ( kreatif )
-Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok.( keberanian )
Konfirmasi
-mengadakan tanya jawab dengan guru untuk menghilangkan keraguan tentang suatu   
  Konsep. ( komunikatif )
-menuliskan rangkuman materi tentang menunjukkan tempat berdasarkan penjelasan yang
  di dengar. ( tanggung jawab )
-Kesimpulan
Penutup
-Siswa mengerjakan tes /evaluasi ( mandiri, jujur )
- Perbaikan dan Pengayaan (kerja keras, teliti )
 -Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.( rasa ingin tahu )

H. Sumber Belajar/Bahan/media/alat pembelajaran 
     Sumber belajar : Bahasa Indonesia  untuk SD / MI Kls IV ( Kaswan Darmadi  BSE) hal 5 - 7
     Media/alat pembelajaran : Teks Bacaan
I. Penilaian    
                
   Teknik Penilaian     : Tes

    Bentuk Instrumen : Tertulis





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP IV)

Sekolah                      :  SD NEGERI SERANGAN 1
Mata Pelajaran          :  BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester         :  IV / I
Alokasi Waktu           :  5 x 35  menit ( 2 x pertemuan)

A.Standar Kompetensi
    4.Menulis
       Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk
       percakapan, petunjuk, cerita, dan surat
B.Kompetensi Dasar :
     4.1 Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan
      ejaan  
            (tanda titik dua dan  tanda petik)
C.Tujuan Pembelajaran:
    Mendalami percakapan yang belum selesai / rumpang

D.Indikator :
    -Mampu melengkapi percakapan rumpang
    -Mampu  memperagakan percakapan di depan kelas
    -Mampu menggunakan kata tanya yang tepat dalam kalimat tanya

E.Materi Pembelajaran
   -Membaca teks percakapan
   -Melengkapi teks percakapan rumpang
   -Menggunakan kata tanya

F.Metode/Pendekatan/Model  Pembelajaran 
         1.Metode                       : ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi
2.Pendekatan pemb        : Kontekstual
         3.Model pembelajaran  : Complette Sentense
G.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan pembelajaran
Pendahuluan
- Memulai pembelajaran dengan berdo’a dipimpin oleh ketua kelas ( religius)
 -Guru mencatat kehadiran siswa ( disiplin )
-Guru mengajukan pertanyaan- pertanyaan :
-Guru menjelaskan tujuan pembelajaran /kompetensi dasar yang akan dicapai: Melengkapi 
  percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan  /tanda titik dua
  dan  tanda petik. ( keberanian )
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai . ( rasa ingin tahu )
-Menyampaikan materi secukupnya atau peserta disuruh membacakan buku atau model 
  dengan waktu secukupnya . ( senang membaca )
-Bentuk kelompok 2 atau 3 orang secara heterogen ( saling menghargai )
Elaborasi
-Bagikan lembar kerja berupa percakapan yang belum selesai . ( rasa ingin tahu )
-Peserta diharap berdiskusi untuk melengkapi percakapan yang belum selesai dengan
  memperhatikan penggunaan ejaan /tanda titik dua dan  tanda petik.( kerjasama )
-Bicarakan bersama-sama anggota kelompok . ( komunikatif )
-Setelah jawaban benar yang salah diperbaiki. Tiap peserta disuruh membaca berulang-ulang
  sampai mengerti atau hapal, kemudian memperagakan percakapan itu di depan kelas.(
  senang membaca , keberanian )
Konfirmasi
-mengadakan tanya jawab dengan guru untuk menghilangkan keraguan tentang suatu
  Konsep. ( komunikatif )
-menuliskan rangkuman materi tentang menunjukkan tempat berdasarkan penjelasan yang
 di dengar.( tanggung jawab )
-Kesimpulan
Penutup
-Siswa mengerjakan tes /evaluasi ( mandiri, jujur )
- Perbaikan dan Pengayaan (kerja keras, teliti )
 -Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.( rasa ingin tahu )
Pertemuan II
Metode, Pendekatan, Model
1.Metode                         : ceramah, tanya jawab, penugasan
2.Pendekatan pemb        : Proses
         3.Model pembelajaran  : Demonstration
Kegiatan pembelajaran
Pendahuluan
- Memulai pembelajaran dengan berdo’a dipimpin oleh ketua kelas ( religius)
-Guru mencatat kehadiran siswa ( disiplin )
 - Guru menyampaikan tujuan yang diharapkan pada akhir pelajaran (rasa ingin tahu)
 -Guru menyampaikan beberapa pertanyaaan : (keberanian )
Anak – anak , semua pasti sudah pernah melakukan percakapan ,ya ?
Biasanya percakapan dilakukan oleh berapa orang ?
Kegiatan Inti
Eksplorasi
 -Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan ( rasa ingin tahu )
-Siapkan 2orang anak. ( kerjasama )
Elaborasi
-Guru mendemonstrasikan / memberi contoh melakukan percakapan yang benar.( rasa ingin
  tahu )
-Guru menunjuk siswa berpasangan untuk mendemontrasikan cara melakukan percakapan   
  yang  benar.( kerjasama )
-Seluruh siswa memperhatikan demonstrasi dan menganalisa . ( teliti )
-Tiap siswa atau kelompok mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa
  Didemontrasikan . (keberanian )
Konfirmasi
-mengadakan tanya jawab dengan guru untuk menghilangkan keraguan tentang suatu
  Konsep.(komunikatif )
-menuliskan rangkuman materi tentang cara melakukan percakapan yang benar.( teliti )
Penutup
-Siswa mengerjakan tes /evaluasi ( mandiri, jujur )
- Perbaikan dan Pengayaan (kerja keras, teliti )
 -Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.( rasa ingin tahu )

H. Sumber Belajar/Bahan/media/alat pembelajaran 
     Sumber belajar :Bahasa Indonesia  untuk SD / MI Kls IV ( Kaswan Darmadi  BSE) hal 8 – 10
     Media/alat pembelajaran : Teks Percakapan





I. Penilaian    
                
   Teknik Penilaian : Tes

   Bentuk Instrumen : Tertulis dan unjuk kerja

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar