RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP I )
Sekolah : SD NEGERI SERANGAN 1
Mata Pelajaran :
BAHASA INDONESIA
Tema : 1.
Peristiwa
Kelas/Semester :
IV / I
Alokasi Waktu : 3 x
35 menit ( 1 x pertemuan)
A.Standar
Kompetensi
1.Mendengarkan
Mendengarkan
penjelasan tentang petunjuk denah
B.Kompetensi
Dasar :
1.1 Membuat
gambar/ denah berdasarkan penjelasan yang didengar
C.Tujuan
Pembelajaran:
Mendiskripsikan gambar/ denah
berdasarkan penjelasan yang di dengar
D.Indikator
:
-Mampu
menjelaskan Petunjuk Arah Mata Angin
-Mampu menunjukkan
tempat pada denah
-Mampu membuat
gambar / denah sesuai petunjuk
E.Materi
Pembelajaran
-Petunjuk
arah mata angin
-Petunjuk denah suatu tempat
- Membuat denah sesuai petunjuk
F.Metode/Pendekatan/Model
Pembelajaran
1.Metode :
ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan
2.Pendekatan pemb : PAKEM
3.Model
pembelajaran : Model examples non
examples
G.Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
- Memulai pembelajaran dengan berdo’a dipimpin oleh ketua kelas
( religius)
-Guru mencatat
kehadiran siswa ( disiplin )
- Guru menyampaikan tujuan yang
diharapkan pada akhir pelajaran (rasa
ingin tahu)
-Guru menyampaikan beberapa
pertanyaaan : (keberanian )
Apayang dimaksud denah?
Apa fungsi denah ?
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-Guru menyiapkan bebarapa gambar/denah (rasa ingin tahu)
-Guru menanyangkan denah pada OHP (rasa ingin tahu )
Elaborasi
-Guru menjelaskan
cara menunjukkan tempat sesuai denah( rasa ingin tahu )
-Guru memberi
petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan
menganalisa gambar/ denah.( teliti )
-Siswa berdiskusi
dengan membentuk kelompok 2- 3orang siswa, untuk menunjukkan tempat
pada denah sesui petunjuk.Kemudian mencatat
hasil diskusi pada kertas.( kerjasama )
-Tiap kelompok
diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusinya.( tanggung jawab )
- Mulai dari komentar/ hasil diskusi
siswa,guru mulai menjelaskan cara mencari tempat
sesuai denah. ( rasa ingin tahu )
Konfirmasi
-mengadakan tanya jawab dengan guru
untuk menghilangkan keraguan tentang suatu
Konsep ( komunikatif )
-menuliskan rangkuman materi tentang menunjukkan
tempat berdasarkan penjelasan yang
di dengar (
bertanggung jawab )
Penutup
-Siswa mengerjakan tes /evaluasi ( mandiri, jujur )
- Perbaikan dan Pengayaan (kerja keras, teliti )
-Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.( rasa ingin tahu )
H. Sumber Belajar/Bahan/media/alat
pembelajaran
Sumber belajar : Bahasa
Indonesia untuk SD / MI Kls IV ( Kaswan
Darmadi BSE) hal 2 - 3
Media/alat pembelajaran :Gambar arah mata
angin, denah suatu tempat
I.Penilaian
Teknik Penilaian : Tes
Bentuk Instrumen : Tertulis dan unjuk kerja
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP II )
Sekolah : SD NEGERI SERANGAN
1
Mata Pelajaran :
BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester :
IV / I
Alokasi Waktu :
5 x 35 menit ( 2 x pertemuan)
A.Standar
Kompetensi
2.Berbicara
2. Mendeskripsikan
secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat
B.Kompetensi
Dasar :
2 1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan
denah atau gambar dengan kalimat yang
runtut.
C.Tujuan Pembelajaran:
Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah ”Stadion
Sriwedari ” dengan kalimat yang
runtut.
D.Indikator :
-Mampu mencari
letak suatu tempat sesuai denah
-Menjelaskan cara menuju tempat tertentu sesuai denah
E.Materi Pembelajaran
-Denah suatu tempat
-Menjelaskan suatu tempat
F.Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran
Pertemuan pertama :
1.Metode :
ceramah, tanya jawab, penugasan
2.Pendekatan pemb : kontekstual
3.Model pembelajaran :
Talking Stik
G.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pendahuluan
-
Memulai pembelajaran dengan berdo’a dipimpin oleh ketua kelas ( religius)
-Guru mencatat
kehadiran siswa ( disiplin )
-Guru menyampaikan tujuan yang
diharapkan pada akhir pelajaran (rasa
ingin tahu)
-Guru menyampaikan beberapa pertanyaaan : (keberanian )
Coba kamu jelaskan rute
perjalanan ,dari rumahmu sampai sekolah ini !
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-Guru menyiapkan sebuah tongkat/ pensil ( rasa ingin tahu )
-Guru menyampaiakan materi tentang mencari letak
suatu tempat sesuai denah dan
cara menuju tempat tertentu
sesuai denah. ( rasa ingin tahu )
Elaborasi
-Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca
dan mempelajari materi pada
buku paket.(
senang membaca )
-Setelah selesai membaca buku dan
mempelajarinya mempersilakan siswa untuk menutup
bukunya. ( jujur )
-Guru mengambil tongkat dan
memberikan kepada siswa,setelah itu guru memberikan
pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya,
demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk
menjawab setiap
pertanyaan dari guru. ( mandiri, disiplin )
-Pembahasan.
Konfirmasi
-mengadakan tanya jawab dengan guru
untuk menghilangkan keraguan tentang suatu
Konsep ( komunikatif )
-menuliskan rangkuman materi tentang mencari letak
suatu tempat sesuai denah.
(bertanggung
jawab )
-Kesimpulan
Penutup
-Siswa mengerjakan tes /evaluasi ( mandiri, jujur )
- Perbaikan dan Pengayaan (kerja keras, teliti )
-Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.( rasa ingin tahu )
Pertemuan II
Metode, Pendekatan,
Model
1.Metode : ceramah, tanya jawab, penugasan
2.Pendekatan pemb : Kontekstual
3.Model
pembelajaran : Talking Stik
Kegiatan pembelajaran
Pendahuluan
-
Memulai pembelajaran dengan berdo’a dipimpin oleh ketua kelas ( religius)
-Guru mencatat
kehadiran siswa ( disiplin )
-Guru menyampaikan tujuan yang diharapkan pada akhir pelajaran (rasa ingin tahu)
-Guru menyampaikan beberapa pertanyaaan : (keberanian )
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-Guru menyiapkan sebuah tongkat/ pensil
-Guru menyampaiakan
materi tentang cara menuju
tempat tertentu sesuai denah.
Elaborasi
-Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada
buku paket.(senang membaca )
-Setelah selesai membaca buku dan
mempelajarinya mempersilakan siswa untuk menutup
bukunya.(jujur )
-Guru mengambil tongkat dan
memberikan kepada siswa,setelah itu guru memberikan
pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya,
demikian
seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab
setiap
pertanyaan dari guru.(mandiri, disiplin )
-Pembahasan.
Konfirmasi
-mengadakan tanya jawab dengan guru
untuk menghilangkan keraguan tentang suatu
Konsep. (komunikatif )
-menuliskan rangkuman materi tentang mencari letak
suatu tempat sesuai denah.(tanggung
jawab )
-Kesimpulan
Penutup
-Siswa mengerjakan tes /evaluasi ( mandiri, jujur )
- Perbaikan dan Pengayaan (kerja keras, teliti )
-Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.( rasa ingin
tahu )
H.Sumber Belajar/Bahan/media/alat
pembelajaran
Sumber belajar :Bahasa Indonesia untuk SD / MI Kls IV ( Kaswan Darmadi BSE) hal 4 - 5
Media/alat
pembelajaran :Denah suatu tempat
I. Penilaian
Teknik Penilaian : Tes
Bentuk Instrumen : Tertulis dan unjuk kerja
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP III )
Sekolah : SD NEGERI SERANGAN 1
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester :
IV / I
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit ( 1 x pertemuan)
A.Standar
Kompetensi
3.Membaca
Memahami teks agak panjang (150-200
kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam
kamus/ensiklopedi
B.Kompetensi
Dasar :
3.1 Menemukan
pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca
sekilas
C.Tujuan
Pembelajaran:
Menganalisa teks agak
panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas
D.Indikator
:
-Mampu menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks.
-Menemukan pikiran pokok teks
E.Materi
Pembelajaran
-Membaca teks
-Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
-Mencari pikiran pokok
F.Metode/Pendekatan/Model
Pembelajaran
Pertemuan pertama :
Metode : ceramah interaktif, diskusi, tanya jawab.
Pendekatan : Deduktif
Model : Cooperative Integrated Reading And Composition
(CIRC)
G.Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
- Memulai pembelajaran dengan berdo’a dipimpin oleh ketua kelas
( religius)
-Guru mencatat
kehadiran siswa ( disiplin )
-Guru mengajukan pertanyaan-
pertanyaan :( keberanian )
-Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran /kompetensi dasar yang akan dicapai:
Menemukan
pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca
Sekilas. (
rasa ingin tahu )
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara
heterogen( kerjasama )
-Guru memberikan wacana sesuai
dengan topik pembelajaran ( senang
membaca )
Elaborasi
-Siswa bekerja sama saling
membacakan dan menemukan ide pokok /pokok pikiran dan
memberi tanggapan terhadap
wacana dan ditulis pada lembar kertas ( kreatif )
-Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok.( keberanian )
Konfirmasi
-mengadakan tanya jawab dengan guru
untuk menghilangkan keraguan tentang suatu
Konsep. ( komunikatif )
-menuliskan rangkuman materi tentang menunjukkan
tempat berdasarkan penjelasan yang
di dengar. (
tanggung jawab )
-Kesimpulan
Penutup
-Siswa mengerjakan tes /evaluasi ( mandiri, jujur )
- Perbaikan dan Pengayaan (kerja keras, teliti )
-Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.( rasa ingin tahu )
H. Sumber Belajar/Bahan/media/alat
pembelajaran
Sumber belajar : Bahasa Indonesia untuk SD / MI Kls IV ( Kaswan Darmadi BSE) hal 5 - 7
Media/alat pembelajaran : Teks Bacaan
I. Penilaian
Teknik Penilaian : Tes
Bentuk Instrumen : Tertulis
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP IV)
Sekolah : SD NEGERI SERANGAN 1
Mata Pelajaran :
BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester :
IV / I
Alokasi Waktu : 5
x 35 menit ( 2 x pertemuan)
A.Standar
Kompetensi
4.Menulis
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk
percakapan, petunjuk, cerita, dan surat
B.Kompetensi
Dasar :
4.1
Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan
ejaan
(tanda titik dua dan tanda petik)
C.Tujuan
Pembelajaran:
Mendalami percakapan
yang belum selesai / rumpang
D.Indikator
:
-Mampu
melengkapi percakapan rumpang
-Mampu memperagakan percakapan di
depan kelas
-Mampu menggunakan kata tanya yang tepat dalam kalimat tanya
E.Materi
Pembelajaran
-Membaca teks percakapan
-Melengkapi teks percakapan rumpang
-Menggunakan kata tanya
F.Metode/Pendekatan/Model
Pembelajaran
1.Metode : ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi
2.Pendekatan pemb : Kontekstual
3.Model
pembelajaran : Complette Sentense
G.Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan pembelajaran
Pendahuluan
-
Memulai pembelajaran dengan berdo’a dipimpin oleh ketua kelas ( religius)
-Guru mencatat
kehadiran siswa ( disiplin )
-Guru mengajukan pertanyaan- pertanyaan :
-Guru menjelaskan tujuan pembelajaran /kompetensi dasar yang akan dicapai: Melengkapi
percakapan
yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan /tanda titik dua
dan tanda petik. ( keberanian )
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai . ( rasa ingin tahu )
-Menyampaikan materi secukupnya atau peserta disuruh membacakan buku atau
model
dengan waktu secukupnya . ( senang
membaca )
-Bentuk kelompok 2 atau 3 orang secara heterogen ( saling menghargai )
Elaborasi
-Bagikan lembar kerja berupa percakapan yang belum selesai .
( rasa ingin tahu )
-Peserta diharap berdiskusi untuk melengkapi percakapan
yang belum selesai dengan
memperhatikan
penggunaan ejaan /tanda titik dua dan
tanda petik.( kerjasama )
-Bicarakan bersama-sama anggota kelompok . ( komunikatif )
-Setelah jawaban benar yang salah diperbaiki. Tiap peserta disuruh membaca
berulang-ulang
sampai mengerti atau hapal,
kemudian memperagakan percakapan itu di depan kelas.(
senang membaca ,
keberanian )
Konfirmasi
-mengadakan tanya jawab dengan guru
untuk menghilangkan keraguan tentang suatu
Konsep. ( komunikatif )
-menuliskan rangkuman materi tentang menunjukkan
tempat berdasarkan penjelasan yang
di dengar.(
tanggung jawab )
-Kesimpulan
Penutup
-Siswa mengerjakan tes /evaluasi ( mandiri, jujur )
- Perbaikan dan Pengayaan (kerja keras, teliti )
-Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.( rasa ingin tahu )
Pertemuan II
Metode, Pendekatan,
Model
1.Metode : ceramah, tanya jawab, penugasan
2.Pendekatan pemb : Proses
3.Model
pembelajaran : Demonstration
Kegiatan pembelajaran
Pendahuluan
-
Memulai pembelajaran dengan berdo’a dipimpin oleh ketua kelas ( religius)
-Guru mencatat kehadiran siswa ( disiplin )
- Guru menyampaikan tujuan yang
diharapkan pada akhir pelajaran (rasa
ingin tahu)
-Guru menyampaikan beberapa
pertanyaaan : (keberanian )
Anak – anak , semua pasti sudah pernah melakukan percakapan
,ya ?
Biasanya percakapan dilakukan oleh berapa orang ?
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-Guru menyajikan gambaran sekilas
materi yang akan disampaikan ( rasa ingin tahu )
-Siapkan 2orang anak. ( kerjasama )
Elaborasi
-Guru
mendemonstrasikan / memberi contoh melakukan percakapan yang benar.( rasa ingin
tahu )
-Guru menunjuk siswa berpasangan untuk mendemontrasikan cara melakukan percakapan
yang
benar.( kerjasama )
-Seluruh siswa memperhatikan demonstrasi dan menganalisa . ( teliti )
-Tiap siswa atau kelompok mengemukakan hasil analisanya dan juga
pengalaman siswa
Didemontrasikan . (keberanian )
Konfirmasi
-mengadakan tanya jawab dengan guru
untuk menghilangkan keraguan tentang suatu
Konsep.(komunikatif )
-menuliskan rangkuman materi tentang cara melakukan percakapan yang benar.(
teliti )
Penutup
-Siswa mengerjakan tes /evaluasi ( mandiri, jujur )
- Perbaikan dan Pengayaan (kerja keras, teliti )
-Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.( rasa ingin
tahu )
H. Sumber Belajar/Bahan/media/alat
pembelajaran
Sumber belajar :Bahasa Indonesia untuk SD / MI Kls IV ( Kaswan Darmadi BSE) hal 8 – 10
Media/alat pembelajaran : Teks Percakapan
I. Penilaian
Teknik Penilaian : Tes
Bentuk Instrumen : Tertulis dan unjuk kerja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar